Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

31 Januari 2009

Liburan Tiba...! Ngapain yah?

Posted by cah_hamfara 22.31, under | 1 comment

Liburan…ya..adalah satu kata yang sangat dinanti-nanti oleh banyak mahasiswa atau pelajar, karena bisa terbebas dari banyak tugas, bisa istirahat, rekreasi, jalan-jalan, de el el. Sebenarnya aneh juga, karena sebagian besar, mereka sendiri yang mau menyandang status sebagai mahasiswa atau pelajar yang notabene..ya bergelut dengan segala kepusingan yang ada… hayo ngaku!. Akan tetapi ternyata tidak semuanya yang merasa liburan adalah masa-masa bebas. Justru di liburan ini banyak PR dan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Tugas apaan tuch.. saya katakan demikian, karena saya merasakannya.

PR atau tugas tersebut adalah…”Merancang Program Dakwah”

Ketika dulu sebelum masuk kuliah, atau sebelum menjadi mahasiswa…tidak pernah ada lintasan pikiran seperti itu, bikin2 proyek….Proyek Dakwah lagi, karena dulu saya bukanlah seorang aktivis..hanya orang biasa yang tidak dikenal (emang sekarang dikenal ta?….he), bahkan tidak diperhitungkan. Ada atau tidak adanya saya, tidak memberikan efek yang signifikan, atau ga ngefek lah….begitu mungkin bahasa sekarangnya.


Namun, seiring waktu saya pun jadi tahu apa itu dakwah kampus, aktivis dakwah dan apa aja kegiatannya. Dan lama-lama tidak sekedar tahu aja tapi juga sedikit demi sedikit terlibat di dalamnya.
Begitu pula dengan liburan.. Mungkin di liburan kali ini pun.. ga tahu sempat pulang apa nggak ke kampung, banyak hal yang perlu dipersiapkan dan dirancang…. banyak amanah…alhamdullillah.. nggak jadi pengangguran

banyak suka dukanya…
Itulah sekilas cerita…


Dakwah itu perlu persiapan yang matang, tidak hanya bergerak aja, perlu strategi dakwah yang jitu dan membentuk barisan yang rapi.
Ternyata banyak lho.. yang perlu dikerjakan selama liburan ini. Menyusun rencana/strategi ke depan, menyiapkan SDM, menjalin kemitraan, dan masih banyak lagi. Juga perlu menyiapkan program2 kerja yang akan dilaksanakan. Jadi setelah liburan nanti, ketika masa aktif kuliah kerja kita nggak terlalu berat, karena konsepnya udah dipersiapkan sebelumnya. Belum lagi kegiatan2 untuk menyambut maba, sudah mulai gerak niich. persiapan mentoring, persiapan diklat jurusan, kegiatan himpunan yang lainnya. banyak sekali tuch..


Masalah klasik memang, ketika di tengah kesibukan itu, hanya ada beberapa orang aja di kampus, yang lain masih pulang kampung, belum balik. Boleh lah..pulang kampung.. birul walidain, tapi jangan sampai lupa amanah ya…

“Sungguh beban da’wah ini sanggup meremukkan tulang belulang bagi yang memikulnya, kecuali mereka yang tangguh. Da’wah ini butuh MUJAHID TANGGUH ! Dengan strategi da’wah yang jitu yang digagas oleh orang-orang cerdas, dilaksanakan oleh orang-orang yang ikhlas dan dengannya Allah S.W.T akan memberikan kemenangan hanya kepada orang-orang yang berani.” (Assyahid Syeikh Saayid Qutb)

———–

Salam Perjuangan
by edi purnomo

1 komentar:

Buat blog LPM nih...banyak luangnya...

Posting Komentar

 
Istrahatnya s'org aktivis adalah suatu kelalain, Laa rohata ba'dal yauum. Teruslah berjuang hingga Allah memenangkan Dien ini atau kita Syahid Karenanya...