Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

15 Januari 2009

Bolivia Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Posted by cah_hamfara 20.18, under | No comments

Simpati terhadap Palestina tampaknya juga datang dari Amerika Latin. Presiden Bolivia Evo Morales memutuskan menghentikan hubungan diplomatik negaranya dengan Israel setelah serangan ke Gaza.

“Bolivia memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Mengingat serangan brutal terhadap kemanusiaan ini, Bolivia akan menghentikan hubungan diplomatik dengan Israel,” ujar Morales seperti dikutip Reuters, Rabu (14/1/2009).

Sebelumnya, rekan dekat Morales, Presiden Venezuela Hugo Chavez, telah mengusir duta besar Israel dari negaranya pada 6 Januari lalu sebagai bentuk protes atas serangan Israel ke Gaza.

“Kejahatan yang dilakukan Pemerintah Israel mempengaruhi perdamaian dan stabilitas dunia,” lanjut Morales. Dia juga menyebut serangan Israel itu sebagai ‘genosida.’

Namun pihak Israel mengaku belum memperoleh konfirmasi dari Pemerintah Bolivia. “Kami belum menerima pernyataan resmi dari Pemerintah Bolivia,” ujar pejabat konsulat Israel di Bolivia, Roberto Nelkenbaum.

Nelkenbaum mengaku ‘terkejut dan sedih’ atas keputusan Morales tersebut. Sebab kedua negara telah memiliki hubungan diplomatik yang baik selama lebih dari 50 tahun. (DetikNews, 15/01/09)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Istrahatnya s'org aktivis adalah suatu kelalain, Laa rohata ba'dal yauum. Teruslah berjuang hingga Allah memenangkan Dien ini atau kita Syahid Karenanya...